Sabtu, 03 Maret 2012

Peringatan Maulid Dusun Gojang Selatan Dimeriahkan Kehadiran Pejabat Kabupaten


             Meski tidak disertai oleh rangkaian tradisi Rate’ dan Panggarra’ Pandang, namun, peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1433 tingkat Dusun Gojang Selatan, Desa Bontomarannu, Kecamatan Bontomanai tetap berlangsung dalam suasana hikmad dan penuh kesedeharnaan di bawah tenda biru yang membungkus lapangan bulutangkis Dusun Gojang Selatan.
Acara kali ini dihadiri Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar, Drs. H. Andi Langke, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Drs. H. Eddy Sujarman yang didampingi Kepala Bidang Anggaran PPK Asda, Drs. Moesdiono, Camat Bontomanai yang diwakili Sekretaris Camat, Asmar Sugianto, S.Stp dan Kepala Terminal Regional Bonea, Abd. Wahab.
Selain pejabat tersebut di atas, turut hadir anggota DPRD dari Fraksi Partai Golkar Kabupaten Kepulauan Selayar, Drs. Muh. Askin, Kepala Desa Bonto Koraang, Hikmaluddin, didampingi Ketua BPD Bontokaraang, Muh. Ridwan, bersama segenap kepala dusun dalam wilayah Desa Bontomarannu dan Bonto Koraang dan sejumlah tokoh masyarakat, agama dan alim ulama di wilayah itu, termasuk diantaranya, imam Desa Bontomarannu, Iskandar.

Hikmah Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1433 H di tingkat Dusun Gojang Selatan kali ini diisi Sekretaris Bappeda Kabupaten Kepulauan Selayar, Drs. H. Andi Langke. Kendati tak ada protokoler kabupaten yang mengendalikan jalannya kegiatan. Akan tetapi, acara tetap berlangsung tertib tanpa diwarnai oleh sedikitpun kekurangan dengan kehadiran Master Of Ceremony dari Unsur Kementrian Agama Kabnpaten Kepulauan Selayar, Agus dan Pembaca Ayat Suci Al Qur’an yang diantarkan Qari’ah, Nur Samsurya.     
Ketua panitia pelaksana yang dibawakan oleh Kepala Dusun Gojang Selatan dalam laporanya menyatakan, perayaan maulid di tingkat Dusun Gojang Selatan adalah maulid kali pertama yang dilaksanakan semenjak berdirinya, atas kesepakatan masyarakat yang sebelumnya dilaksanakan secara tradisional.
Sementara itu, Camat Bontomanai yang diwakili Sekretaris Camat, Asmar Sugianto menandaskan, pemerintah kecamatan memberikan apresiasi positif terhadap pelaksanaan maulid yang dilaksanakan oleh masyarakat Dusun Gojang Selatan.
Pada kesempatan yang sama, mewakili pemerintah kecamatan dan segenap warga masyarakat, dia tak luput menyampaikan ucapan dan penghargaan tak terhingga kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar.
Menyusul telah rampungnya pelaksanaan proyek pembangunan jalan beraspal hotmix yang manfaatnya mulai banyak dirasakan masyarakat Dusun Gojang Selatan dan desa-desa lain di sekitarnya, termasuk  mulai direalisasikannya pemasangan bentangan jaringan kabel PLN di sepanjang wilayah Kecamatan Bontomanai
Meski hal tersebut diakuinya, tak lepas dari peran serta dan kesadaran masyarakat untuk menebang tanaman pohon peliharaannya untuk memperlancar pemasangan jaringan kabel tersebut.
Tanpa dibarengi kesadaran, program pemasangan jaringan kabel yang dikerjakan pemerintah kabupaten, tidak akan pernah terealisasi dan terwujud menjadi sebuah kenyataan.
Disamping, hal tersebut adalah merupakan bentuk amal jariyah bagi masyarakat yang dengan penuh kesadaran, telah rela menebang pohon peliharaannya untuk pemenuhan kepentingan masyarakat umum di wilayah Kecamatan Bontomanai.
Dia berharap, peringatan maulid kali ini bukan hanya sekedar seremonial, tetapi masyarakat diharapkan untuk sedapat mungkin, mengambil hikmah yang tersirat di balik makna peringatan maulid.
Selain masyarakat juga diharapkan dapat semakin mempererat jalinan tali kebersamaan, kerjasama dan kekompakan di dalam kehidupan bermasyarakat, terutama untuk mendukung terciptanya masa depan pembangunan yang jauh lebih baik di era yang akan datang, cetus Asmar diakhir sambutanya.
Hal senada disampaikan Sekretaris Badan Pembangunan Daerah Kabupaten Kepulauan Selayar, Drs. H. Andi Langke, saat tampil membawakan hikmah maulid. Dia berpesan, agar masyarakat dapat senantiasa membangun kebersamaan yang dilandasi nilai-nilai kesepahaman dan komitmen dalam rutinitas kesehariannya.
Terkait kelancaran pemasangan jaringan kabel listrik PLN yang akan dibentangkan pemerintah kabupaten, Andi Langke mengingatkan masyarakat untuk tidak semata-mata memikirkan kepentingan pribadi-pribadi dengan tetap bersikeras untuk tidak merelakan tanaman piaraannya dipangkas pemerintah.
Pasalnya, pembangunan jaringan listrik PLN, akan turut dinikmati manfaatnya oleh anak-cucu masyarakat Kepulauan Selayar di belakang hari. Dimana, pada saat bersamaan, masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar, akan mengucapkan selamat tinggal pada penerangan lampu minyak tanah, dan mesin diesel putar yang banyak menyita tenaga dan energi, ujar Andi Langke menandaskan.(fadly syarif)           
   

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar